7 Karoserie Bus Terbaik Indonesia

1. Adi Putro, Malang-Jawa Timur

 
AdiPutro pada saat ini telah meraih apa yang tidak terbayangkan pada tahun 1973. Sedikit yang tahu bahwa bisnis karoseri ini dirintis sejak tahun 1973 oleh kakak beradik yang pada saat itu bekerja di salah satu dealership otomotif. Melihat tingginya permintaan pasar akan alat transportasi penumpang, kakak beradik ini memutuskan untuk merubah mobil pick-up menjadi kendaraan transportasi penumpang dengan bantuan pengerjaan oleh karoseri lain. Strategi ini mendapat respon yang sangat baik karena mereka dapat memenuhi kebutuhan pasar pada saat itu. Kejelian mereka dalam meresponi permintaan pasar tersebut membuat mereka berani memanfaatkan semua sumber daya yang mereka miliki untuk membangun bengkel karoseri kecil sendiri pada tahun 1973. Melalui karoserie kecil ini mereka merintis usaha karoseri dengan memproduksi mini bus dalam skala kecil. Kegigihan mereka yang didukung permintaan pasar membuat usaha karoseri mereka berkembang dalam waktu 2 tahun saja.Akhirnya pada tahun 1975, AdiPutro resmi berdiri di Malang, di mana sampai sekarang masih menjadi pusat operasional AdiPutro. Atas kesadaran untuk terus mempertahankan kualitas yang baik dalam setiap produksinya, maka AdiPutro mulai mempertajam skill yang ada, serta menambah alat bantu permesinan. Pada tahun 1982, AdiPutro memutuskan untuk berinvestasi dalam permesinan yang kemudian dikenal dengan kualitas FULL PRESSED BODY. Penyempurnaan kualitas produk-produk AdiPutro terus ditingkatkan sehingga pada tahun 1986 AdiPutro mulai menggunakan pengecatan sistem OVEN. Upaya mengembangakan pemasaran menjadi lebih besar, di tahun 1989 Adiputro mendirikan divisi pemasaran di Jakarta dan kemudian sebuah pabrik perakitan untuk produk Adiputro di Bekasi.Pengembangan terus dilakukan sehingga pada tahun 1994 AdiPutro menjalin kerja sama dengan salah satu produsen bus terbesar dan terkemuka di Jerman. Hal ini membuka pintu bagi AdiPutro untuk menggapai pasar Asia Tenggara. Melalui kerja sama ini para tenaga ahli AdiPutro dikirim untuk belajar ke Jerman untuk mencapai standar perakitan yang bertaraf internasional. Sejak saat itu, AdiPutro pun berkembang menjadi perusahaan karoseri terpercaya dan menerima pengakuan untuk kualitas bus produk yang mereka produksi, serta memperoleh kepercayaan dari para pengusaha-pengusaha besar transportasi otomotif di Indonesia.
2. Laksana, Ungaran-Jawa Tengah
 
Didirikan pada tahun 1967 Laksana dimulai tendangan pertama sebagai toko mesin di Semarang. Toko awalnya difokuskan pada mesin otomotif. Dalam tiga tahun pertama toko tumbuh sangat bahwa pada tahun 1970 itu harus pindah ke lokasi yang baru diperluas.Beberapa divisi yang didirikan dalam beberapa tahun berikutnya dan pada tahun 1977 Laksana diperluas untuk divisi auto-manufaktur dengan produk utama pertama: Mitsubishi T-120 minivan.Pesatnya pertumbuhan divisi auto-manufaktur membutuhkan lokasi yang lebih jauh lebih besar. Dalam satu tahun yang pada tahun 1978, divisi ini dipindahkan ke Ungaran (pabrik produksi kami saat ini). Dalam baru dibangun tanaman ini 5.000 m2, bus serta kendaraan komersial dan swasta berkumpul. Tanaman ini kemudian lebih lanjut menambahkan beberapa kali dalam tahun-tahun berikutnya. Hadir hari itu sekitar 70.000 m2, dan masih terus berkembang. Ekspansi ini pernah berkembang memungkinkan pengembangan beberapa divisi yang mendukung produksi utama, serta peningkatan kapasitas produksi kami untuk 1000 bus per tahun yang membuat Laksana pembangun bus terbesar di Indonesia sampai saat ini.Kebutuhan Anda Comes First.Sebuah kata untuk menggambarkan fokus utama kami untuk memberikan pelanggan pengalaman kami yang terhormat, dari awal sampai akhir, seperti yang kita telah sejak toko pertama kami terbuka. Kami bekerja sangat keras memperhatikan detail sekecil apapun dalam rangka membantu meningkatkan ‘keselamatan serta pelanggan penumpang dan kepuasan penumpang.Pemilihan macam Produk untuk PenawaranKompetensi inti kami adalah bus Menengah dan Besar. Kami memiliki jangkauan terbesar dari produk yang meliputi bus Touring, bus antarkota, bus kota, dan bus Tujuan Khusus. Laksana menempatkan penekanan yang sangat besar pada penyediaan produk berkualitas tertinggi mungkin terhadap pelanggan, yang saat ini berkisar dari operator lokal bus kota, operator bus antarkota lokal, operator bus wisatawan lokal, dan badan-badan pemerintah untuk International Corporate (Chevron Pacific Indonesia, Schlumberger, Saipem Indonesia, YKK Zipper, Theiss Indonesia). Kami juga sudah mulai mengekspor bus kami ke wilayah Asia Pasifik sejak 2009.
3. Rahayu Santosa, Cibinong-Jawa Barat
 
Rahayu Santosa, perusahaan yang bergerak di bidang karoseri, menitikberatkan pada penyediaan peralatan operasional yang terbaik bagi para pelanggan kami. Berdiri sejak 1961 di Bogor, Indonesia , kami mendedikasikan sumber daya dan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kami, yang telah memberikan kepercayaan pada Rahayu Santosa.
5. New Armada, Magelang-Jawa Tengah
 
PT. Mekar Armada Jaya didirikan pada tahun 1974 oleh Bp. David Herman Jaya, dengan dimulai dari sebuah bengkel rumahan di Jl.Prawiro Kusuman no.3 Magelang. New Armada yang bergerak dibidang karoseri, pada tahun 1976 menempati areal seluas 9000 m2 di Jl. Raya Mertoyudan Magelang dengan karyawan 200 orang. Pada tahun 1977, Areal tanah diperluas menjadi 2 Ha dengan kapasitas produksi 200 unit/bulan Merk New Armada pun menjadi semakin terkenal hingga keluar pulau jawa. Pada tahun 1980, PT. Mekar Armada Jaya mulai membuktikan diri sebagai perusahaan karoseri dengan sistem “Press Body” yang terkemuka di Indonesia. Pada tahun 1982, PT. Mekar Armada Jaya dipercaya pemerintah untuk menyelesaikan Mobil-mobil pemilu yang digunakan diseluruh Indonesia, sehingga dapat mengembangkan diri menjadi 400-500 Unit/bulan Meliputi Minibus dan Smallbus. jumlah karyawan yang ditingkatkan menjadi 1000 orang dan fasilitas-fasilitas penunjang ditambahkan dengan mesin canggih seperti cat oven (Spray booth), mesin press, spot welding, dan lain-lain. Tahun 1986, PT. Mekar Armada Jaya mendapatkan kepercayaan lagi untuk memproduksi mobil puskesmas untuk seluruh Indonesia sebanyak 1000 Unit. Dan dengan menggandeng ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). New Armada berhasil menaikkan kapasitasnya secara berlahan tapi pasti sampai mencapai puncaknya dengan kapasitas 1000 Unit/bulan ditahun 1996 dengan are tanah seluas 20 ha dan dengan karyawan berjumlah kurang lebih 3500 orang. Sedangkan produksi yang dihasilkan selain mini bus dan small bus juga dikembangkan ke bus besar, bus medium, box, dump truk, loadbag, car carrier dan lain-lain. Dari berbagai merk seperti: Mitsubishi, Hino, Toyota, Suzuki, Daihatsu, Nisan dan berbagai jenis merek lain. Pada tahun 1992, pasar export diajamah sampai Brunai Darusalam, Cyprus, Sri Lanka dan Arab Saudi. Pada tahun 1994, PT. Mekar New Armada Jaya mendapatkan kepercayaan dari PT.Kerama Yudha tiga berlian motor (KTB) sebagai ATPM Mitsubishi di Indonesia untuk merakit kendaraan Colt T 120 SS yang sampai sekarang dikenal dengan nama MOC (Mitsubishi Original Component). Dan memperoleh pengakuan dari PT. KTB pada tahun 1995. Pada tahun 1996, Divisi Teknik dirubah menjadi Divisi Stamping & workshop Plant yang didukung teknologi yang lebih maju dengan fasilitas CAD, CAM & CNC Milling yang diinstal pada awal tahun 1997. Pada tahun 2002, Divisi ini berubah menjadi divisi stamping & tool karena fungsinya dalam pembuatan “dies”. Dalam perkembangan ini PT. Mekar Armada Jaya mendapatkan order pembuatan dies dari berbagai perusahaan bersekala internasional seperti:
PT. Astra Daihatsu Motor (ADM)PT. Indomobil Suzuki International (ISI)PT. Mitsubishi Krama Yudha Manufacturing (MKM)PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI)PT. Gema Kempa Daya (GKD)PT. Isuzu Inti Panca Press Indonesia (IIPPI)
Selain di bidang otomotif New Armada juga mengembangkan usaha bidang lain seperti perbankan, properti dan lain-lain. Semua unit usaha ini disatukan, dimonitor dan dikonsolidasikan oleh sebuah perusahaan holding Manajemen PT. Mekar Armada Investama.web: http://www.newarmada.co.id/maj/maj/home
6. Trisakti, Magelang-Jawa Tengah
 
 Karoseri Tri Sakti, berlokasi di Magelang adalah sebuah perusahaan manufacturing yang memproduksi bus besar, bus medium, bus gandeng / articulated bus dan bus tingkat.
7. Morodadi Prima, Malang-Jawa Timur
 
P.T. Morodadi Prima bermula dari sebuah kemitraan usaha yang dipimpin oleh Lie Bapak Bambang Gunawan, seorang pengusaha yang lulusan dari Akademi Fine Arts. Pada tahun 1964, perusahaan ini dibangun di lokasi pertama yang terletak di Jl. Peltu Sujono, Malangdengan area yang relatif kecil dilengkapi dengan fasilitas sederhana, yang memproduksi busmodel lama, Minibus T 100 dan klasik L300.Fasilitas minimal dan sistem operasional yang sederhana tidak menahan kemajuan perusahaan. Pada tahun 1978, perusahaan kecil ini resmi menjadi menjadi sebuah perusahaan yang independen dan diberi nama Karoseri Morodadi. Namanya “Morodadi” berarti”Kepercayaan” antara pelanggan dan perusahaan. Jika Anda datang (Moro) dan mempercayai perusahaan untuk membangun kendaraan Anda, Anda akan mendapatkan produk yang berkualitas tinggi (Dadi). Logo singa yang kami gunakan diambil dari simbol yang melambangkan Kerajaan Singosari yang melambangkan semangat tinggi dan etika kerja yang baik.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia memungkinkan bagi Karoseri Morodadi berubah menjadisebuah perusahaan terbatas (PT). Pada Desember 1993, perusahaan ini resmi berubahmenjadi PT yang bernama Morodadi Prima. Rentang produk yang terus berevolusi dengan memproduksi berbagai kendaraan seperti ambulans dan mobil siaran. Spesifikasi desain dan teknologi juga berkembang, sebagaimana dapat dilihat dari produksi bus “Banteng” dan “Patriot”, yang mewakili merek dagang yang kuat dan kokoh dari Morodadi Prima.
Selama lebih dari tiga dekade pertumbuhan, banyak kepercayaan telah diperoleh dari masyarakat serta pemerintah Indonesia. P.T. Morodadi Prima terus bekerja untuk menghasilkan kendaraan yang kuat, aman, dan nyaman.